MACD adalah singkatan dari Moving Average Convergence Divergence. Indikator MACD adalah salah satu indikator yang tersedia dan siap digunakan di MT4 untuk trading forex. Dalam penggunaannya terbilang cukup mudah dipahami dan diterapkan, bahkan oleh trader pemula sekalipun. Meskipun demikian indikator ini masih banyak digunakan oleh trader berpengalaman, sebagai salah satu alat analisa mereka.

Komponen indikator MACD:
Garis MACD, adalah perbedaan antara EMA (Estimated Moving Average) 12 periode dan EMA 26 periode.
Garis Signal, adalah EMA 9 periode dari garis MACD
Histogram adalah Perbedaan antara Garis MACD dan Garis Signal


Kunci pokok trading dengan menggunakan indikator MACD adalah ketika garis MACD dan garis Signal bertemu, atau diperkuat dengan garis histogram mulai menghilang, sebagai pertanda bahwa trend pergerakan dimulai. Momen inilah saat tepat untuk open posisi, dengan ketentuan sebagai berikut:

- Crossover MACD dan Signal di bagian atas, berarti sinyal Sell (Short)
- Crossover MACD dan Signal di bagian bawah, berarti sinyal Buy (Long)

Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan gambar di bawah ini.


Cukup simple dan mudah digunakan.

Namun demikian, indikator MACD masih memiliki kekurangan, yaitu dianggap kurang cepat dalam mengidentifikasi trend yang terjadi. Sebab, nature indikator ini yang merupakan average dari harga yang terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, traders sering juga menggunakan indikator tambahan sebagai alat analisa, misalnya kombinasi MACD dengan indikator RSI untuk sinyal trading yang lebih akurat.

Post a Comment

 
Top

Powered by themekiller.com