Pada awal tahun 2017 ini, saya memutuskan untuk mereset modal trading forex, yang saya investasikan di broker XM dan Exness. Modal sebelumnya yang saya pergunakan untuk trading dan jumlah profit yang saya dapatkan, saya total menjadi satu sebagai modal di awal tahun ini. Tujuannya adalah untuk memperbesar modal dan untuk mempermudah perhitungan investasi. Jumlah saldo di akun saya per 1 Januari 2017 adalah $250,00 di XM dan $100,00 di Exness.

Rencana saya kedepannya adalah akan menerapkan strategi Mio Martingale di dalam trading untuk mendapatkan keutungan yang realistis, tidak muluk-muluk, tidak memaksakan, tetapi tetap mendapatkan penghasilan yang konsisten. Lebih lengkapnya soal strategi trading yang saya jalankan, bisa dilihat di artikel arti Mio Martingale ini.

Secara garis besar saya memilih kedua broker tersebut, dengan pertimbangan pribadi adalah 1. Broker tersebut sudah sangat terkenal dan keanggotaannya menjangkau orang-orang dari kalangan kecil (seperti saya, he..he..he..), sampai dengan orang-orang besar. Hal ini bisa dilihat minimum deposit, dimana diperbolehkan minimal deposit $ 5 saja. Memang ada boker besar lainnya, akan tetapi biasanya minimum deposit mencapai angka 3 digit Dollar keatas. 
2. Teregulasi dengan baik di Indonesia. Baik XM maupun Exness meskipun broker luar, akan tetapi mereka mempunyai situs khusus Indonesia. Jadi kita tidak perlu menggunakan VPN untuk akses, dan tidak diblokir oleh Menkominfo.
3. Keanggotaan saya di kedua broker tersebut sejak 2013 dan sangat memuaskan dalam hal deposit ataupun withdraw.
4. Image perusahaan. Exness membangun image dengan menjadi salah satu sponsorship Red Bull Racing F1 Team. Bukan team sekedarnya, tapi team F1 yang sempat juara beberapa kali di tahun belakangan ini. Tentu harus broker dengan modal besar untuk menjadi sponsorship mereka.


XM mencengangkan, dengan menyelenggarakan kontes 1 Juta Dollar gratis, yang masih berlangsung saat ini. Belum lagi kontes sejenis dari sister companynya FXarena. Saya beberapa kali withdraw dari kontes mereka tanpa syarat tersembunyi dan langsung cair. Dari withdraw yang dua digit hingga 3 digit Dollar, tanpa masalah.


Investasi Exness
Modal awal tahun ini di Exness adalah USD 100,00, yang saya depositkan melakui akun Cent. Dengan demikian modal saya adalah USD 100,00 = USC (Cent) 10.000,00. Saya pilih akun Cent, karena sesuai dengan kodisi trading yang saya butuhkan untuk strategi Mio Martingale. Dimana untuk +/- per pips yang saya butuhkan adalah modal/10.000 = 10.000/10.000 = +/- USC 1 per pip = +/- 1 USD 0,01 per pip. Dan itu bisa didapatkan dengan open 0.10 lot di akun Cent.

Saldo Exness di Akun MT4

Sementara itu jika menggunakan akun diatasnya, yaitu akun Micro. Jika kita open 0,01 lot saja, maka nilainya adalah +/- USD 0,10 per pips. Masih terlalu besar dibandingkan modal, dan kita tidak bisa open lot lebih kecil dari 0,01 lot.

Untuk spread, di Exness cukup bagus. Beberapa spread pair andalan, saya capture seperti screenshot dari HP di gambar berikut.


Investasi XM
Saya deposit sebesar USD 250,00 di XM akun micro. Seperti halnya alasan sebelumnya, untuk menerapkan strategi trading Mio Martingale, saya membutuhkan nilai per pips modal/10.000 = USD 250,00/10.000 = +/- USD 0,02 per pip. Dan ini bisa didapatkan dengan open 0,20 lot di akun micro XM. Sementara ini saya bulatkan menjadi 0,30 lot untuk open posisi, untuk mendapatkan nilai +/- 0,03 per pip. Untuk didepositkan di akun atasnya, yaitu akun mini, modal masih belum sesuai dengan strategi trading.

Saldo XM di Akun MT4

Sementara itu untuk spread, XM juga memiliki beberapa spread andalan yang bisa dilihat di screenshot HP dibawah ini.


Nah, nantinya saya akan sharing hasil trading yang saya lakukan secara berkala di postingan-postingan saya selanjutnya. Terimakasih telah berkunjung di blog CakTrader.

Post a Comment

 
Top

Powered by themekiller.com