Saldo uang kita yang berada di Fasapay, semuanya bisa kita tarik ke bank lokal, baik itu yang berbentuk Rupiah (IDR) maupun USD. Akan tetapi Fasapay adalah sebuah bank atau sistem pembayaran online yang bukan merupakan money canger atau exchanger.

Seperti dijelaskan oleh customer services Fasapay, bahwa mereka belum mempunyai fasilitas konversi gratis bagi pelanggannya untuk mengkonversi saldo USD kita kedalam IDR. Hal itu nampak pada halaman website mereka yang tidak menampilkan rate jual beli USD ke IDR atau sebaliknya. Tapi itu cukup dimaklumi, mungkin mereka saat ini masih fokus ke nasabah sebagai alat pembayaran online, bukan sebuah money changer.

Masalahnya adalah, banyak nasabah yang mempunyai rekening bank hanya dalam bentuk rupiah, seperti saya, yang hanya mempunyai BNI Taplus, bukan BNI Dollar. Sehingga jika akan menarik saldo USD Fasapay ke bank BNI saya yang menerima Rupiah, akan mengalami kendala karena tidak match.

Tapi jangan khawatir, dana USD kita di Fasapay tidak akan stuck atau macet. Kita masih bisa memwithdraw saldo tersebut untuk dijadikan IDR terlebih dahulu sebelum ditransfer ke rekening bank dengan bantuan pihak ketiga, yaitu sebuah situs exchanger.

Bukan bermaksud untuk mempromosikan sebuah exchanger, akan tetapi rekomendasi ini saya dapatkan dari customer services Fasapay, untuk melakukan pertukaran terlebih dahulu melalui sebuah situs bernama borneoexchanger.com. Sebenarnya banyak situs exchanger di internet yang bisa kita pilih, atau mungkin anda sudah mempunyai langganan sendiri. Satu-satunya pertimbangan saya adalah karena direkomendasikan sendiri secara langsung oleh customer services.

Ketika saya melakukan pengecheckan ke BorneoExchanger, memang terlihat mereka melayani pertukaran mata uang dari Fasapay, dengan rate jual beli USD yang terpampang jelas di halaman utama. Proses pencairan dana tersebut bisa dilakukan dengan dua cara:
  1. Mengirimkan saldo USD Fasapay kita dan dikirimkan ke rekening Fasapay BorneoExchange, kemudian meminta BorneoExchange menstransfer uang hasil pertukaran dalam bentuk Rupiah ke rekening bank kita secara langsung. BorneoExchange bisa melayani ini jika bank kita adalah BCA atau Mandiri.
  2. Mengirimkan saldo USD Fasapay kita ke Fasapay BorneoExchange, dan meminta mereka untuk mengirimkan kembali ke rekening Fasapay kita dalam bentuk saldo Rupiah (IDR).
Karena pertimbangan rekening bank pribadi saya adalah BNI, maka saya memilih cara yang kedua. Pertukaran kurensi mata uang ini dilayani oleh BorneoExchanger customer services dengan sangat memuaskan. Sangat cepat hanya beberapa menit, bahkan dengan cara sambil chatting menggunakan Yahoo Massenger, mulai dari kirim dana sampai dengan menerima kembali dana di saldo Fasapay dalam bentuk Rupiah.

Langkah pertama adalah hubungi CS BorneoExchanger via YM mereka yang online. Mereka juga akan membantu anda jika ada pertanyaan-pertanyaan yang lain. Untuk melakukan pertukaran, kita harus mengirimkan saldo USD tersebut ke rekening Fasapay BorneoExchanger. Anda akan diberitahu nomor rekening mereka oleh CS, ketika chatting.

Menu kirim dana di Fasapay bisa anda temukan di sebelah kiri. Kemudian isilah kolom yang disediakan. Gambar dibawah adalah ketika saya melakukan tukar uang USD 49.


Setelah itu baca transaksi yang akan segera anda lakukan. Jika sudah benar, centang dan konfirmasi.


Kemudian anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa transaksi transfer sukses, dan saldo anda telah terkirim dan berkurang secara instant. Lakukan konfirmasi dengan CS BorneoExchanger melalui YM bahwa anda telah mengirimkan dana, termasuk jumlah dan nomor Fasapay anda.


Tunggu beberapa saat sampai dengan BorneoExchanger mengembalikan dana anda dalam bentuk Rupiah ke saldo rekening Fasapay anda, yang juga secara instant. Rate tukar adalah yang tertera di website mereka. Anda akan langsung dibalas melalui YM oleh CS BorneoExchanger jika mereka sudah kirim dana. Silahkan di check di saldo rekening IDR Fasapay anda, seperti gambar dibawah ini.


Selain itu kita juga mendapatkan pemberitahuan melalui email anda oleh pihak Fasapay, tentang saldo USD yang kita kirimkan, dan tentang saldo IDR yang kita terima. Perhatikan pemberitahuan email saya di bawah ini. Transaksi diatas hanya dilakukan dalam waktu 5 menit saja. Sangat memuaskan.


Post a Comment

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. untuk jual beli saldo fasapay bisa di situs www.boschanger.com pelayanan oke ,harga bersaing.melayani bank seluruh indonesia

    ReplyDelete
  3. informasi bermanfaat, terimakasih artikel nya untuk cara withdraw fasapay dolar

    ReplyDelete
  4. gan..,
    bisa gak deposit fasapay via paypal..?

    ReplyDelete
  5. Ada fee yg dikenakan oleh pihak fasapay dan borneoexchange gk ? Kalo ada berapa?

    ReplyDelete
  6. Untuk Fasapay, pasti ada admin fee kalau kirim atau terima duit gan, tapi kecil kok. Sedangkan untuk exchangernya biasanya ambil untung dari rate harga jual dan beli.

    Info tambahan gan, berdasarkan pengalman pribadi nih, alternatif untuk tukar Fasapay juga bisa di pipchanger.com (milik Pak Robert Winata)ato di digitalchanger.com (milik Pak Fransis Oehorsian). Dua orang itu pelayanannya juga mantap. Respon via WAnya cepat lagi.

    ReplyDelete

 
Top

Powered by themekiller.com